Review Soundtrack dan SFX Game
“PLANTS VS ZOMBIES”
PLANTS
VS ZOMBIES adalah salah satu game PC yang sukses melambungkan namanya. Game yang bergenre adventure and puzzle ini merupakan
game produksi dari PopCap game, Inc
pada tahun 2009. Game ini menggambarkan perjalanan player yang harus bertahan dengan
membeli tanaman dengan poin cahaya yang kita dapatkan ketika terjadi
penyerangan zombies yang ingin masuk kerumah player dan memakan otak player.
Dari
gameplay yang ada, PLANTS VS ZOMBIES juga telah berhasil mengawinkan antara
mekanika game yang ada dengan design grafis yang menarik baik melalui pemilihan
jenis tanaman yang ada, NPC dan sebuah environment berupa sebuah rumah beserta lingkungan
sekitarnya. Tetapi hanya dari segi 2 poin
yang ada, game ini belum mencukupi
untuk dikatakan game yang proporsional. Karena kita juga harus mengamati dari
segi sound yang ada pada game ini karena keberadaan sound dalam sebuah game juga sangat
berpengaruh dalam membangun suasana permianan yang telah diciptakan oleh
mekanika dan grafis game ini.
Setelah Sekilas membahas mengenai 3 poin
penting dari game PLANTS VS ZOMBIES. Kita akan memfokuskan pembahasan kita dari
segi sound pada game PLANTS VS ZOMBIES ini.
PLANTS
VS ZOMBIES terdiri dari 4 mode permaianan yang berbeda sehingga sound music
yang sengaja dihadirkan untuk menghidupkan suasana nya pun berbeda-beda juga antara mode permainanan yang disediakan.
Saat
player menjalankan pertama kali game ini maka player akan disambut sound
(craazydevintro) dan salam dari dev (grettingsofdve)
Sebuah
alunan sound yang awalnya slow dan temponya pelan namun lambat laun sound ini
berubah menjadi cressendo dan temponya semakin cepat seakan-akan berusaha
memperkenalkan secara general memperkenalkan game pada bagian awal sound namun
mendekati
detik-detik terakhir sound ini mulai
yang terdengar kembali ke sound bagian awal seakan-akan menunjukan bahwa cerita
telah mencapai akhir dari perjalanan cerita. Setelah itu player dapat memilih
mode permainan yaitu adventure karena mode permainan yang lainnya belum aktif.
Saat player mengklik akan terdengar suara gelak tawa zombie yang menggelegar
sebagai sambutan pertama dari game ini. Setelah player memilih mode permainan
maka sound pendukung yang mengiringi player ketika memilih tanaman yang akan
kita gunakan (chooseyourseeds). Untuk pembahasan sound pada mode yang lebih
detail kita akan menyesuaikan dengan pembagian mode dan stage level yang ada.
SOUND GAME
Mode 1 : Adventure
Mode
permaianan ini adalah kunci utama dari mode permainan yang lainnya. Jalannya
cerita pada mode permainan ini akan kita gunakan untuk dasar mode permainan
yang ada. Dalam mode permaianan disediakan 5 stages dan masing-masing terdiri
dari 10 level
Stage 1: Day
Stage
ini bersettingkan suasana pagi dengan diiringi alunan sound yang ringan dan
santai seakan-akan menjelaskan bahwa zombies yang akan menyerang pada stage ini
akan berjalan mengendap-endap dan rahasia, saat sound diputar pada bagian awal teerkesan
masih slow dan dan menggambarkan suasana pagi hari namun pada bagian tengah sound
menjadi cressendo dan dikahir kembali seperti bagian awal sound. (Grasswalk)
Stage 2 : Night
Suasana
malam yang ada pada stage ini diiringi oleh sound yang memang dari awal sudah
mempunyai tempo yang cepat. Sound ini seakan-akan menunujukan bahwa suasana
malam adalah waktu yang tepat untuk para zombies melakukan penyerangan kerumah
player. selain itu sound ini juga didukung dengan tanaman-tanaman nocturnal
yang SFXnya sangat berbeda jauh karena volumenya lebih keras dan menggema
daripada tanaman pagi hari yang lebih slow dan lengang (moongrain)
Stage 3: Pool
Pada
stage ini ada penambahan pool yang letaknya ditengah halaman rumah, suasana
yang muncul pada game ini memang diciptakan senada dengan stage 1 tetapi pada sound
ini kesan mistis lebih ingin dimunculkan yakni dari awal sound bertempo sedang
dan yang dominan adalah dentingan-dentingan lonceng serta suara-suara yang
lebih mendengung sehingga dapat memberikan kesan lebih mistis namun di akhir sound
kesan yang demikian seakan-akan sedikit berubah yakni karena ada penambahan sound-sound
pantai lebih benyak hentakan gendang (waterygraveslow/fast)
Stage 4: Roof
Sound
yang digunakan pada stage ini memang dari awal menggunakan tempo yang cepat
hingga akhir namun ditengah-tengah sound menjadi decressendo dan lebih
mendominankan bunyi dengungan biola. (cerebrawl)
Stage 5 : Fog
Pada
level ini halaman rumah player akan tertutupi oleh kabut yang hampir
setengahnya tidak bisa kita lihat. Untuk mendukung suasana yang terlihat
lengang meskipun mencekam ini sound yang digunakan bertempo sedang mulai dari
awal hingga akhir dan di akhir sound akan lebih dominan dentingan piano-piano
yang memberikan nuansa pada stage ini (RigorMormist)
Mode 2 : Mini Games
Mode 3 : Puzzle
Mode 4 : Survival
Hampir
semua mode menggunakan keenam sound utama yang pada mode 1, ketujuh sound ini
diatur sedemikian, sehingga sound mana yang cocok pada level yang ada disetiap mode yang berbeda pada game
ini. Inilah daftar Keenam sound utama yang ada pada mode 1 : Adventure
1.
CrazzyDEvintro
2.
ChooseYourSeeds
3.
Grasswalk
4.
Moongrain
5.
WaterGraveSlow/Fast
6.
Cerebrawl
7.
Riggormormist
Dan
satu sound lagi yang digunakan untuk sound kemenangan dari semua stage pada
mode 1 Adventure game ini yaitu : ZOMBIESOnYourLawn. Pada sound ini mempunyai
tempo yang cepat dan forte karena sound ini ingin mendukung sebuah suasana yang
gembira karena telah berhasil menyelesaikan semua level yang ada.
SFX GAME
Selain
komponen sound yang mendukung suasana game ada juga SFX yang berperan penting
untuk memperkuat suasana game pada saat itu. Kali ini kita akan membahas SFX
(Sound Effect) pada game PLANTS VS ZOMBIES. Diawal kita memainkan game ini maka
kita akan melihat
·
batu nisan yang menampilkan menu utama pada
game ini saat kita arahkan mouse kita ke batu ini maka suara bertumbukn dengan
batu akan terdengar
·
saat telah memilih mode permainan kita maka
kita akan mendengar suara opening disertai gelak tawa dari ZOMBIES yang ada.
·
Saat permainan berlangsung :
-
setiap tanaman mempunyai suara yang berbeda
apalagi antara tanaman pagi dengan tanaman yang nocturnal. Volume SFX tanaman
nocturnal lebih mendentum daripada tanaman pagi.
-
ZOMBIES yang memakai item tertentu SFX nya
juga berbeda dengan ZOMBIES yang
bertangan kosong.
·
Saat permainan berakhir :
-
Apabila kita menang kita akan mendengar SFX
yang membangun semangat yaitu bunyi dari klarinet
-
Apbila kita kalah maka suara looser dan
teriakan keras yang akan kit dengar.
Simpulannya :
Sound
dan SFX pada game ini ingin menampilkan kesan mencekam, mistis dan menganggetkan
karena pada sound dan SFX yang ada memang mendominankan dengungan biola atau
piano-piano serta jeritan maupun dentuman ledakan yang berbeda-beda untuk
membangunn suasana permainan agar player bisa memiliki dunia tersebut saat
memainkannya. selain itu zombies dan tanaman yang ada mempunyai perbedaan yang
sangat jelas sekali antara zombies dan tanaman yang muncul pagi hari ataupun
malam hari sehingga kesan yang ditimbulkan bisa berbeda-beda agar player
mempunyai pengalaman bermain yang banyak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar