Selasa, 15 Juli 2014

GAME DALAM BAHASA NATIVE PEMROGRAMAN



Membuat Game dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara yakni dengan bantuan game engine yang menyediakan tool untuk membantu pembuatan game dengan cara drag and drop tanpa menggunakan kemampuan pemrogaraman, cara kedua yakni dengan menggunakan bahasa pemrograman bahasa native. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekuranga masing-masing yang menyesuaikan dengan kebutuhan setiap orang.
Cara 1 dapat kita gunakan untuk para pembuat game yang belum ataupun kurang memahami pemrograman. Dari pernyataan ini, jelas hal ini yang menjadikan kelebihan dalam membuat game. Misal contohnya Construct 2 (scirra.com), atau GameMaker (yoyogames.com)
Cara 2 adalah menggunakan bahasa pemrograman native. Pada persoalan ini cara 2 lah yang menjadi pembahasan. Sebenarnya istilah bahasa native atau bahasa pemrograman bahasa native adalah Bahasa pemrograman tingkat tinggi misal C#, C++, Java dsb dan menggunakan compiler dasar untuk suatu platform. Contoh program yang bisa digunakan misalnya Visual Studio dari Microsoft, atau Eclipse (eclipse.org). Disebut bahasa pemrograman dan compiler dasar karena tidak ditujukan spesifik untuk membuat game, bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis software. Kelebihan menggunakan native programming adalah sebagian besar toolsnya gratis dan mudah didapat, selain itu tidak ada batasan untuk kita membuat game jenis apapun. Tapi untuk menggunakan native programming kita membutuhkan pemahaman tentang pemrograman yang lebih banyak, jadi mungkin akan memakan waktu lebih lama untuk pembuatan game. Mengingat apabila kita menggunakan cara 1 maka dari sisi waktu akan lebih cepat untuk menyelesaikannya dan dapat di perbanyak menjadi versi platform-platform lainnya. meskipun fitur-fitur yang disediakan cukup sederhana, hal inilah yang bisa bisa membatasi kita untuk membuat game yang lebih rumit, selain itu untuk cara 1 kita diharuskan menggunakan  software yangn berbayar, sehingga kita perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat game.
Jadi kesimpulannya jika dalam pembuatan game yang benar-benar tanpa ada batasan dalam mengeksplornya, game yang benar-benar berekspetasi tinggi cara 2 lah yang paling cocok mengingat kita dapat melakukan berbagai hal dengan melisting program dalam game kita sebebas-bebasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar